Pentingnya Peraturan Perundang-undangan

Materi berikut ini membahas tentang Pentingnya Peraturan Perundang-undangan. Materi tersebut terdapat dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas 4 sekolah dasar. Simaklah uraian singkat materi tentang Pentingnya Peraturan Perundang-undangan.

Pentingnya Peraturan Perundang-undangan

Mengapa harus ada peraturan? Peraturan dibuat untuk mengatur kehidupan kita. Dengan menaati peraturan akan tercipta ketertiban dan ketenteraman. Peraturan harus ditaati dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran. Peraturan juga harus dilaksanakan di mana pun kita berada, misalnya di lingkungan sekolah. 

Sebagai siswa sekolah kita harus mematuhi semua peraturan yang ada di sekolah. Siswa tidak boleh mengganggu teman, tidak boleh membuat kekacauan, tidak boleh terlambat datang ke sekolah, tidak boleh tidur pada saat jam pelajaran, dan lain-lain.

Tidak boleh tidur pada saat jam pelajaran, Pentingnya Peraturan Perundang-undangan

Semua itu harus dilaksanakan oleh siswa dengan penuh kesadaran dan bukan karena paksaan. Jika peraturan tersebut tidak dilaksanakan, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan di lingkungan sekolah. Siswa juga tidak bisa belajar dengan tenang. Kegiatan belajar mengajar di kelas juga akan terganggu. Apabila siswa ingin belajar dengan tenang, maka semua siswa harus memupuk kesadaran dan kepatuhan yang tinggi untuk selalu mematuhi peraturan. Jadi, apabila kita mau melaksanakan peraturan di sekolah dengan penuh kesadaran, maka akan tercipta suasana belajar yang nyaman.

Begitu juga dalam kehidupan bernegara. Setiap warga negara harus mematuhi dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pentingnya mematuhi peraturan perundang-undangan antara lain:
a. mendorong terciptanya tertib hukum, dan
b. hak-hak masyarakat lebih terjamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari