Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI

Kita sebagai warga negara Indonesia harus selalu menunjukkan perilaku yang baik. Perilaku yang baik berarti perilaku yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia. Ada norma hukum, norma agama, norma kesusilaan, dan norma kesopanan. Seluruh rakyat Indonesia harus melaksanakan norma-norma tersebut. Dengan begitu, maka keutuhan NKRI dapat terwujud. Meskipun kalian masih pelajar, kalian juga dapat berpartisipasi dalam menjaga keutuhan NKRI. Berikut Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI.

Sebagai pelajar kita juga dapat berpartisipasi dalam menjaga keutuhan NKRI. Hal-hal yang dapat kita lakukan antara lain:
1. menjaga kerukunan dalam berteman,
2. mengutamakan kepentingan bersama,
3. belajar dengan tekun,
4. mau menghargai sesama teman,
5. menaati tata tertib sekolah, dan
6. menghormati guru.

Di lingkungan masyarakat juga terdapat banyak kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut misalnya:
1. bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar,
2. kerja bakti membangun tempat ibadah, dan
3. membantu tetangga yang sedang hajatan.

Bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar merupakan contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI

Bagaimana dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggal kalian? Apakah di sana juga terdapat kegiatan-kegiatan seperti di atas? Keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan seperti di atas dapat memupuk rasa persaudaraan. Antarwarga masyarakat dapat saling mengenal satu sama lain, sehingga tercipta suasana dalam masyarakat yang tenteram dan akhirnya terwujudlah persatuan dan kesatuan yang kita inginkan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat dipertahankan jika seluruh rakyat Indonesia menerapkan sikap saling menghargai. Kita juga harus menerapkan sikap toleransi dan bekerja sama tanpa membeda-bedakan suku dan agama. Begitu juga dengan kalian, kalian tidak boleh membeda-bedakan dalam berteman. Kalian juga harus saling menghargai. Sudahkah kalian menghargai teman?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari