Kerajaan yang Bercorak Hindu di Indonesia

Pengaruh Hindu masuk ke Indonesia sekitar abad ke-5 M. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa. Pengaruh Hindu dibawa oleh pendeta dan brahmana dari India. Selain itu, para pedagang juga ikut berperan dalam penyebaran agama Hindu di Indonesia. Budaya Hindu sangat berpengaruh terhadap kerajaan-kerajaan di Indonesia pada saat itu.

Kerajaan yang Bercorak Hindu di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak peninggalan sejarah dari kebudayaan Hindu. Hal ini menunjukkan bahwa di Indonesia pernah berdiri kerajaan-kerajaan Hindu. Berikut ini beberapa kerajaan yang bercorak Hindu di Indonesia.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai berdiri pada tahun 400 Masehi. Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai terletak di Muarakaman, di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pendiri Kerajaan Kutai adalah Kudungga. Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaan pada pemerintahan Raja Mulawarman. Peninggalan sejarah Kerajaan Kutai berupa prasasti berbentuk yupa (tugu bertulis). Prasasti itu menggunakan huruf Pallawa dengan bahasa Sanskerta.

Peta wilayah Kerajaan Kutai, Kerajaan yang bercorak Hindu di Indonesia

Klik link berikut untuk mengetahui Kerajaan yang Bercorak Hindu di Indonesia lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari