Macam-macam vitamin dan kegunaannya

Vitamin adalah senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun jumlahnya sedikit tetapi sangat penting peranannya. Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin, maka harus diperoleh dari bahan makanan.

Manfaat vitamin untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
a) vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, D, E, K, dan
b) vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B dan C.

Macam-macam vitamin dan kegunaannya

a) Vitamin A
Makanan yang mengandung vitamin A. Contohnya: bayam, kangkung, daun singkong, pepaya, mangga, wortel, ubi rambat merah, dan lain-lain. Manfaat vitamin A dalam tubuh. Vitamin A membantu proses penglihatan, membantu proses pertumbuhan, dan pembentukan sel tubuh.

b) Vitamin B
Bahan makanan yang mengandung vitamin B. Contohnya: beras, bekatul, kacang hijau, daging, telur, sayuran, dan lain-lain. Manfaat vitamin B bagi tubuh. Vitamin B mencegah penyakit beriberi, merangsang nafsu makan, dan mencegah radang pada ujung lidah. Vitamin B membantu proses pembakaran di dalam tubuh.

c) Vitamin C
Bahan makanan yang mengandung vitamin C. Contohnya: sayur-sayuran dan buah-buahan segar, kacang polong kedelai, dan kacang tanah. Manfaat vitamin C bagi tubuh. Vitamin C memperkuat daya tahan tubuh terhadap bibit penyakit, mencegah gusi berdarah, dan membantu proses pemulihan setelah sakit.
Macam-macam vitamin dan kegunaannya

d) Vitamin D
Bahan makanan yang mengandung vitamin D. Contohnya: alpokat, pisang, bayam, dan bunga kool. Di dalam tubuh kita terdapat bahan vitamin D. Jika terkena sinar matahari pagi akan berubah menjadi
vitamin D. Sinar matahari membantu proses pembentukan vitamin D. Manfaat vitamin D bagi tubuh ialah membantu pembentukan tulang dan gigi.

e) Vitamin E
Bahan makanan mengandung vitamin E. Contohnya: kuning telur, susu, minyak ikan, minyak jagung, susu, biji-bijian yang sedang tumbuh. Manfaat vitamin E bagi tubuh meningkatkan kesuburan.

f) Vitamin K
Bahan makanan mengandung vitamin K. Contohnya: daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran, dan minyak goreng. Manfaat vitamin K bagi tubuh ialah membantu proses pembekuan darah. Jika terjadi luka, luka itu akan cepat tertutup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari