Menu makanan bergizi seimbang

Apakah menu makanan bergizi seimbang itu? Kebutuhan gizi bagi tubuh ini dibedakan menurut umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya. Menu makanan adalah susunan makanan yang dihidangkan untuk keluarga.

Menu sederhana terdiri atas makanan pokok dan sayur. Sudah seimbangkah? Hal ini disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Menu lengkap terdiri atas makanan pokok, sayur, lauk, dan buah. Untuk menyusun menu makanan, kita harus mengenal bahan makanan.
1) bahan pokok : beras, jagung, ubi, sagu, dan lain-lain,
2) bahan lauk pauk : ikan, telur, daging, tahu, tempe, dan lain-lain,
3) bahan sayur : bayam , kangkung, labu, kacang panjang, dan lain-lain, dan
4) bahan buah : pepaya, pisang, jeruk, dan lain-lain.

Menu makanan bergizi seimbang
Dalam menghidangkan menu makanan bergizi seimbang harus memerhatikan komposisi zat makanan. Juga perlu memperhatikan komposisi warna. Agar kegiatan makan menjadi menyenangkan.

Menu seimbang menjadikan tubuh sehat
Makanan bergizi lengkap dan seimbang merupakan makanan yang menyehatkan. Makanan ini sudah memenuhi zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Antara lain karbohidrat, protein, mineral, air, dan zat-zat lain.

Penyakit dapat timbul karena makanan yang kita konsumsi tidak seimbang. Dalam menghindari perlu
memperhatikan kandungan zat dalam makanan. Mengapa orang yang sakit tubuhnya kurus? Pada waktu sakit kebutuhan gizi tubuh tidak memenuhi keseimbangan. Karena nafsu makan kita semakin turun dan badan menjadi kurus. Mengapa orang terlalu gemuk?

Menu makanan bergizi seimbang

Makan yang melebihi kebutuhan disimpan dalam bentuk lemak. Lemak yang berada di bawah kulit. Jika cadangan itu terus bertambah menjadikan tubuh gemuk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari