Kebutuhan Mineral dalam tubuh

Kebutuhan mineral dalam tubuh hanya sedikit dibandingkan dengan zat yang lain. Namun lebih banyak macamnya. Berikut mineral yang dibutuhkan tubuh.

a) Kalsium (zat kapur)
Bahan makanan yang mengandung zat kapur, contohnya kedelai, kacang merah, bayam, daging ayam, ikan, telur, dan lain-lain. Manfaat zat kapur dalam tubuh antara lain:
- pembentukan tulang dan gigi,
- membantu proses pembekuan darah, dan
- membantu fungsi saraf dan otot.

Kebutuhan mineral dalam tubuh

b) Fosfor
Bahan makanan yang mengandung fosfor, contohnya kacang merah, jagung kuning, mete, udang, daging ayam, sapi, dan lain-lain. Manfaat fosfor dalam tubuh, di antaranya:
- membentuk tulang dan gigi,
- menjaga keseimbangan cairan tubuh.

c) Zat besi (Fe)
Bahan makanan yang mengandung zat besi, contohnya bayam, daun ubi jalar, daun kelor, kedelai, telur, daging, ayam, sapi, hati, dan kacang panjang. Manfaat zat besi adalah pembentuk hemoglobin dalam darah. Bertugas utuk mengangkut oksigen di dalam tubuh. Kekurangan zat ini orang akan menderita anemia (kekurangan darah merah).

d) Yodium
Bahan makanan yang mengandung yodium, contohnya garam dapur, ikan laut, sayuran, dan lain-lain.
Manfaat yodium bagi tubuh yaitu diperlukan sebagai pembentuk hormon thyroxin. Hormon thyroxin dihasilkan oleh kelenjar gondok. Bila kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran pada kelenjar gondok.

Bila kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran pada kelenjar gondok, Kebutuhan Mineral dalam tubuh

e) Flour (F)
Bahan makanan yang mengandung flour, contohnya air minum, teh, makanan yang berasal dari laut. Manfaat bagi tubuh yaitu mencegah karies gigi. Karena sifat makanan melawan efek asam.

f) Air
Air adalah zat yang memegang peranan penting. Pembakaran karbohidrat akan meningkatkan suhu tubuh. Agar suhu tubuh kembali normal maka air yang ada dalam tubuh sebagian dikeluarkan dari poripori kulit. Air tersebut berupa keringat. Di dalam tubuh air berguna untuk:
- mengatur panas tubuh,
- mengangkut makanan,
- mengangkut sisa pembakaran, dan
- membentuk cairan tubuh.
Air dapat kita peroleh dari air minum. Juga dari bahan makanan terutama buah, dan air sisa pembakaran karbohidrat, lemak, protein.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari