Penghematan Energi Listrik

Pada materi pelajaran berikut ini kita akan bahas tentang Penghematan Energi Listrik. Materi Penghematan Energi Listrik sangat penting dan perlu kita pelajari, untuk itu marilah kita simak uraian singkat materi Penghematan Energi Listrik berikut ini.

Kebutuhan energi kita terus meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri dan ekonomi. Terlebih lagi kebutuhan energi listrik . Saat ini, penyaluran listrik telah meluas ke daerah-daerah terpencil. Namun, pasokan listrik yang tersedia belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat, kita harus melakukan penghematan energi listrik. 

Penghematan Energi Listrik

Kamu tentu masih ingat iklan yang sering muncul di berbagai media. Kurangi penggunaan listrik mulai pukul 17.00-22.00. Karena penggunaan listrik paling tinggi terjadi mulai pukul 5 sore hingga 10 malam. Saat ini, pemerintah sedang berusaha melakukan pemerataan listrik ke seluruh pelosok Indonesia. Kita dapat ikut berpartisipasi dengan melakukan penghematan penggunaan listrik. Penggunaan listrik sesuai kebutuhan juga berarti menghemat biaya rekening listrik setiap bulannya.

Hal lain dalam menghemat energi yang dapat kamu lakukan misanya, saat kamu tidur dapat mematikan lampu kamarmu. Jangan menyalakan lampu di siang hari. Jika keluargamu menggunakan pompa air listrik, penuhilah bak mandi dan seluruh kebutuhan kamar mandi dalam sekali waktu. Misal setiap pagi hari saja. Karena ‘tarikan’ listrik dari pompa air ketika pertama kali menyala, cukup memakan daya listrik. Mulai membuat jadwal mencuci dan menyeterika pakaian secara teratur. Jangan mencuci atau menyeterika pakaian secara mencicil. Lebih baik dibuat jadwal, misal masing-masing dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor. Usahakan menggunakan peralatan listrik rumah tangga yang hemat listrik. Jangan selalu memanjakan tubuhmu dan keluargamu dengan
berkendara setiap keluar rumah. Jika tempatnya benar-benar jauh boleh saja kamu dan keluargamu menggunakan kendaraan. Tetapi jika dekat, misalnya lima atau sepuluh menit perjalanan, lebih baik jalan kaki. Sekalian berolahraga bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari