Alat-alat yang Menggunakan Energi Listrik

Manusia menciptakan alat-alat yang menggunakan energi listrik sangat banyak sekali. Alat rumah tangga, kantor, pabrik hingga industri besar semuanya memakai alat-alat yang menggunakan energi listrik. Untuk lebih memahami lagi materi ini, berikut ulasan singkat dari alat-alat yang menggunakan energi listrik.

Banyak peralatan yang dibuat memanfaatkankan energi listrik. Mulai dari yang paling sederhana hingga paling rumit, semua memanfaatkan energi listrik. Apa manfaat dari peralatan-peralatan tersebut?

Jenis dan Manfaat Alat-alat yang Menggunakan Energi Listrik

Manfaat alat-alat yang menggunakan energi listrik bagi kehidupan, antara lain:

a. Bel listrik
Bel listrik dipasang di pintu rumah atau pintu gerbang. Fungsinya untuk mengetahui adanya tamu, sebagai tanda masuk, dan istirahat di sekolah.

b. Alarm
Alarm dipasang di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan penyimpanan barang-barang berharga. Fungsinyauntuk mengetahui adanya bahaya, seperti pencurian, kebakaran, dan lain-lain.

c. Kipas angin
Kipas angin dapat berputar karena ada energi listrik. Kipas angin berfungsi untuk membuat angin buatan, sehingga ruangan menjadi sejuk.

d. Televisi dan radio
Televisi dan radio merupakan sumber informasi dan hiburan. Televisi dan radio dapat berfungsi karena ada energi listrik yang mengalirinya. Listrik memberikan tenaga untuk menghidupkan televisi
dan radio.

e. Kulkas
Kulkas berfungsi untuk menyegarkan dan mengawetkan makanan. Kulkas lebih dikenal dengan istilah lemari es. Selain contoh di atas, masih banyak alat-alat yang kerjanya menggunakan energi listrik. Misalnya AC, mesin cuci, mesin fotokopi, komputer, dan lain-lain.

Alat-alat yang Menggunakan Energi Listrik

Masih banyak peralatan lainnya yang menggunakan Energi Listrik. Bahkan di zaman sekarang ada kendaraan yang dirancang khusus dengan memanfaatkan energi listrik. Pabrik serta perusahaan pun tidak luput menggunakan energi listrik secara besar.

Seiring Jalannya waktu, pasokan energi listrik dengan kebutuhan manusia kadang tidak seimbang. Oleh karena itu, pemerintah menganjurkan agar masyarakat harus bisa menghemat energi listrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari