Banda-benda Langit Lainnya

Berikut ini merupakan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 6 tentang Banda-benda Langit Lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Benda-benda langit adalah sebutan bagi semua benda yang ada di langit (luar angkasa). Selain planet terdapat benda-benda langit yang lain. Benda-benda langit tersebut, meliputi:

a. Satelit
Satelit merupakan benda-benda langit yang bergerak mengelilingi planet. Satelit memantulkan cahaya bintang. Contoh: bulan, satelit buatan, dan lain-lain.

Benda-benda langit lainnya
b. Asteroid
Asteroid beredar antara lintasan Mars dan Jupiter. Di antara Mars dan Yupiter terdapat benda-benda langit. Kumpulan benda langit itu terdiri atas gumpalan batu dan  logam yang mengapung di angkasa. Benda langit tersebut adalah asteroid. Asteroid merupakan planet-planet kecil bergaris tengah antara 5-400 km. Diperkirakan terdapat kurang lebih 5.000 asteroid di dalam tata surya. Seperti planet, asteroid juga beredar mengelilingi matahari. Permukaan asteroid penuh dengan kawah. Ukuran asteroid berbeda-beda. Asteroid paling besar adalah Ceres dengan diameter 785 km. Asteroid lainnya, antara lain Dallas berdiameter 560 km, Vesta berdiameter 390 km, dan Juno berdiameter 190 km. Beberapa asteroid berukuran besar, antara lain Ceres, Pallas, Juno, dan Vesta.

Benda-benda langit lainnya

c. Meteoroid
Meteor yang jatuh dan sampai di permukaan bumi disebut meteorit. Apabila masuk atmosfir bumi, meteoroid akan menyala (terbakar) karena bergesekan dengan udara. Meteoroid yang terbakar di lapisan udara disebut meteor. Meteoroid merupakan benda langit yang mengembara karena tidak memiliki lintasan yang tetap.
Benda-benda langit lainnya

d. Komet
Komet merupakan benda langit yang beredar mengelilingi  matahari dan tampak bersinar karena memantulkan cahaya matahari. Lintasan  komet berbentuk sangat lonjong. Komet sering disebut bintang berekor karena bentuknya panjang seperti memiliki ekor. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari. Semakin dekat matahari, ekornya semakin panjang. Komet terbentuk dari debu, es, dan gas yang membeku. Kemudian, mengalami pemanasan oleh matahari. Lintasan  komet berbeda dengan lintasan planet. Lintasan komet sangat lonjong berbentuk elips. Pergerakan komet sangat lamban.

Benda-benda langit lainnya

e. Bintang
Bintang adalah benda langit luar angkasa yang memiliki ukuran besar dan memancarkan cahaya sebagai sumber cahaya. Bintang yang terdekat dengan bumi adalah matahari. Matahari dikelilingi oleh planet-planet anggota tata surya seperti pelanet bumi, merkurius, venus, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus dan jupiter.

Benda-benda langit lainnya

Baca materi terkait lainnya.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari