Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Energi listrik merupakan energi yang dihasilkan oleh sumber listrik. Sumber listrik adalah setiap benda yang dapat menghasilkan arus listrik. Sumber listrik disebut juga pembangkit listrik. Sumber listrik dibedakan menjadi:

1. Sumber listrik tenaga kimia. Contohnya: baterai dan accu (aki).
2. Sumber listrik dengan menggunakan magnet. Contohnya:
  • generator;
  • dinamo sepeda, motor, dan mobil;
  • turbin PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air);
  • PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap);
  • PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel);
  • PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir).
Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamu tidak dapat beraktifitas apabila lampu di rumah padam pada malam hari. Kemacetan lalu lintas akan sering terjadi jika di jalan tidak ada penerangan. Manfaat sumber listrik dalam kehidupan sehari-hari, meliputi:

a. Sumber penerangan rumah
Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada malam hari, kamu tidak dapat beraktivitas tanpa alat penerangan. Kamu dapat belajar dengan nyaman karena adanya penerangan yang cukup. Pada saat tidur pun kamu masih membutuhkan penerangan lampu. Alat penerangan dapat berupa lampu, senter, lilin, dan sebagainya. Lampu merupakan alat penerangan yang paling sering digunakan. Lampu dapat berfungsi jika ada energi listrik.

b. Sumber listrik untuk berbagai kegiatan

Berbagai peralatan rumah tangga banyak menggunakan energi listrik. Peralatan listrik tidak hanya dipakai pada siang hari, namun hampir setiap saat. Hampir semua bidang pekerjaan memerlukan energi listrik. Energi listrik digunakan untuk alat elektronik dalam bidang kedokteran, transportasi, perindustrian, dan lain-lain.

Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Operasi dapat berjalan dengan baik jika ada energi listrik. Lampu lalu lintas dapat menyala jika ada energi listrik. Jika lampu lalu lintas menyala, tranportasi dapat berjalan lancar. Selain itu, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas dapat dihindari sebisa mungkin. Peralatan elektronik di rumahmu, seperti radio, TV, kulkas dapat digunakan jika ada energi listrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari