Perubahan Wujud Benda

Materi perubahan wujud benda merupakan salah satu materi pelajaran IPA kelas 6. Materi perubahan wujud benda merupakan ulasan tentang bagaimana dan apa penyebab benda mengalami perubahan. berikut ulasan materi perubahan wujud benda. 

Perubahan wujud benda

Benda dapat mengalami perubahan karena beberapa faktor. Perubahan pada benda dapat merugikan atau menguntungkan. Selain itu, setiap benda terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Sifat bahan yang satu berbeda dengan bahan yang lain. Untuk membuat suatu benda, kita perlu memilih bahan yang tepat. Dengan begitu, kita dapat menggunakan benda sesuai pemanfaatannya. Apa saja penyebab perubahan pada benda? Bagaimana pemilihan bahan yang tepat untuk membuat benda? 

Perhatikan peta materi berikut untuk memperoleh gambarannya.
Perubahan wujud benda

Penyebab Perubahan Benda

Ada banyak benda di sekitar kita. Benda-benda tersebut dapat mengalami perubahan. Penyebabnya bermacam-macam. Di antaranya, pemanasan dan pendinginan, pelapukan, perkaratan, maupun pembusukan. Sebagai contoh, sepeda baru lama-kelamaan menjadi kusam. Warnanya memudar dan tidak mengilap lagi. Apakah yang menyebabkannya? Mari temukan jawabannya dengan mencermati uraian berikut.

Klik materi berikut untuk mengetahui penyebab perubahan pada benda.
  1. Pemanasan dan Pendinginan
  2. Pelapukan
  3. Perkaratan
  4. Pembusukan
Pelajarilah secara seksama dan berulang-ulang agar kita memahami materi tentang perubahan wujud benda tersebut. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari