Gaya Gravitasi

Postingan berikut membahas materi IPA kelas 6 tentang salah satu gaya yaitu Gaya Gravitasi. Berikut ulasan materi Gaya Gavitasi. semoga bermanfaat.

Gaya gravitasi
Pernahkah kamu melihat buah yang jatuh dari pohonnya? Ke mana arah jatuhnya buah tersebut? Buah kelapa itu jatuh ke bumi. Tidak hanya buah, benda-benda lain jika dijatuhkan dari ketinggian tertentu juga akan bergerak turun menuju bumi. Misalnya kelereng atau bola yang menggelinding di atas meja akan jatuh ke lantai.
Penerjun payung yang keluar dari pesawat juga akan jatuh ke bawah menuju bumi. Gerak jatuhnya benda-benda dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi.

Apakah semua benda yang dilempar ke atas juga akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi?

Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui jawabannya!
Gaya gravitasi


Mengetahui Arah Tarikan Gravitasi Bumi
  1. Sediakan sebuah bola!
  2. Lemparkan bola tersebut ke atas! Mintalah seorang temanmu untuk memperhatikan arah jatuhnya bola tersebut!
  3. Ulangi langkah kegiatan nomor 2 dengan melempar bola ke depan!
  4. Bagaimana arah jatuhnya bola setiap kali dilempar?
  5. Tulislah kesimpulannya.
Gaya gravitasi bumi sering disebut juga gaya tarik bumi. Kecepatan benda-benda yang jatuh ke bumi tidak selalu sama. Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan jatuh sebuah benda ke bumi.

Membandingkan Kecepatan Jatuh Dua Benda yang Berbeda
  1. Sediakan selembar kertas HVS dan sebuah batu kecil!
  2. Berdirilah di atas meja atau kursi!
  3. Jatuhkan bulatan kertas dan sebuah batu tersebut bersama-sama dari ketinggian yang sama! Benda mana yang lebih dahulu mencapai tanah? Catatlah hasil pengamatanmu!
Membandingkan Kecepatan Jatuh Dua Benda yang Berbeda
Perhatikan kegiatan yang telah kamu lakukan! Apakah batu lebih dahulu mencapai lantai daripada lembaran kertas?

Nah, berdasarkan percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya gravitasi tidak dipengaruhi oleh berat benda. Gaya ini dipengaruhi oleh gaya penghambat yang dikenal sebagai gaya gesek.

Gaya gesek bersifat menahan gerak benda sehingga gerak jatuhnya benda lebih lambat. Arah gaya gesek berlawanan dengan gaya yang ditahannya. Jadi arah gaya gravitasi berlawanan dengan gaya gesek.

Gaya gravitasi bumi menyebabkan benda-benda yang ada di bumi tidak terlempar ke angkasa luar. Selain itu, gaya gravitasi membuat kita dapat berjalan di atas tanah. Gaya gravitasi juga menyebabkan semua yang ada di bumi mempunyai berat sehingga tidak melayang-layang di udara.

Kekuatan gaya gravitasi bumi terhadap benda tergantung pada jarak benda dari pusat bumi. Semakin jauh letak suatu benda dari pusat bumi, gaya gravitasinya semakin kecil.
Sumber : BSE Kelas 6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari