Mengkritik Sesuatu Disertai Alasan

Kamu harus tahu, saat kamu mengkritik sesuatu sifatnya harus membangun. Artinya, sesuatu yang kamu kritik bisa menjadi lebih bagus lagi. Misalnya, kamu ingin mengkritik temanmu yang bajunya tidak dimasukkan. Katakan bahwa itu tidak rapi dan melanggar tata tertib sekolah. Jadi, temanmu harus memasukkan bajunya. Janganlah kamu memarahi temanmu karena akan menimbulkan sakit hati.
Mengkritik Sesuatu Disertai Alasan

Nah, sekarang kamu perhatikan cara mengkritik berikut ini.
  1. Mengkritik harus sesuai dengan masalah.
  2. Berikan alasan yang tepat saat mengkritik. Misalnya, mengkritik teman yang selalu terlambat masuk sekolah. Katakan kepada temanmu bahwa kalau ia terlambat terus itu namanya melanggar tata tertib sekolah. Temanmu harus berangkat lebih pagi agar tidak terlambat.
  3. Gunakan bahasa yang santun. Artinya, bahasa yang kamu gunakan tidak menyinggung perasaan orang yang kamu kritik. Misalnya, mengkritik hasil gambar teman yang warnanya kurang. Katakan kepada temanmu bahwa warna gambarnya sudah bagus, tetapi masih kurang sedikit tebal. Jadi, temanmu harus menebalkannya agar lebih bagus. Kalimat itu tidak akan menyinggung perasaan temanmu. Janganlah kamu menghina gambaran temanmu bila kurang bagus. Akan tetapi, berikan kritik dengan bahasa yang santun, seperti contoh di atas.
  4. Jangan memaksakan kritikmu untuk diterima, tetapi dengarlah pendapat orang yang kamu kritik. Misalnya, mengkritik teman yang sangat boros. Katakan kepada temanmu bahwa boros itu tidak baik, lebih baik uangnya ditabung. Akan tetapi, jika temanmu tidak bisa menerima kritikmu karena dia anak orang kaya, kamu jangan memaksa. Sebagai teman, kamu sudah mengingatkan. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang mengkritik dan cara-cara mengkritik. Ayo, bacalah percakapan yang berisi kritikan berikut ini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang mengkritik dan cara-cara mengkritik. Ayo, bacalah percakapan yang berisi kritikan berikut ini.

Mengkritik Sesuatu Disertai Alasan

Kritik yang disampaikan Mira dan Dona jelas, tepat, dan tidak menyinggung. Kamu pasti bisa melakukannya. Kamu harus ingat, saat memberi kritik jangan sampai menyinggung perasaan temanmu.

Sumber : Buku BSE kelas 6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari