Setting Network Interface Pada VMWARE

Sering Kali membutuhkan lebih dari satu network interface pada suatu server, hal ini saya alami sendiri saat melakukan configurasi suatu router di dalam vmware, saya memakai vmware server 8 pada saat mempraktekkannya, dalam settingan default saat kita membuat mesin baru pada vmware kita akan di posisikan ke NAT atau bridege. di sini saya akan menambahkan interface host agar bisa masuk ke network interface vm1. seperti gambar topologi saya berikut :



Gambar di atas merupkan sample topologi saya untuk bisa saya desain di vmware, dan minimal saya membutuhkan 3 network interface, berikut langkah menambahkan network interface yang baru pada vmware :
1. Masuk ke menu edit -- > Virtual Network Editor


2. Setelah itu pilih add network, selanjutnya select an network to add pilih vmnet berapa yang akan di jadikan host-only, setelah itu pilih Ok, dan apply


 3. Nat setelah virtual network selesai di tambahkan, sekarang cara membahkannya di server. pilih edit virtual machine setting di bawahnya tombol power on, setelah itu add network adapter, dan arahkan settingan ke host-only pada VMnet1( sebagai contoh) dan click next.
  




 4. nah network interface baru sudah di tambahkan, sebagai hasil akhir ini saya creenshootkan.


nah di situ sudah terlihat kita punya 4 interface untuk router kita :)





















 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari