Pemakaian WinBox part 1

Dalam Melakukan Konfigurasi ataupun perbaikan di dalam mikrotik, kita lebih cepat memakai winbox. tool tersebut bisa di download di sini winbox. selain pakai winbox kita bisa pakai ssh atau telnet pakai tool putty, tool tersebut bisa di download di sini putty. ataupun bisa juga dengan webbox.
Ok setelah mengetahui tool apa aja yang bisa di pakai dalam mengkonfigurasi ataupun memperbaiki mikrotik, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pemakaian dan fitur-fitur dalam winbox itu sendiri.

di atas merupakan tampilan dari winbox saat kita buka, di situ saya memakai v2.2.18.

Cara Pemakaian : 
pemakaian awal kita bisa mencari pengkat tersebut tanpa dengan ip, tapi di search melalui tombol network Doscovery. setelah di pencet tombol tersebut maka akan muncul Mac address, Ip address, identity, version dan seri dari RB kita.
selanjutnya kita masukkan username (Login) dan password kita.
untuk mikrotik yang masih default username (admin) password (kosong tidak usah diisi).

FITUR-FITUR
pada winbox ada beberapa fitur, di antaranya
1. connect to ( bisa di isikan IP address atau di search Network Discovery yang nantinya akan keluar mac address atau ip nya)
2. Login ( disikan username dari mikrotiknya)
3. Password ( diisikan passwrod dri mikrotiknya)
4. keep password (untuk menyimpak password yang sudah di ketikkan), secure mode dan load previous session ( jika di centang maka pada saat kita menutup winbox dan membukanya lagi, maka akan muncul tampilan saat kita terakhir menutup aplikasi winbox)
5. Note ( Untuk Memberi nama alamat dari ip atau mac address server kita saat di save)
6. Connect ( untuk mengconnectkan ke RB), save ( untuk menyimpak alamat ip beserta account untuk login ke mikrotik lagi) , Remove ( untuk mendelete daftar alamat ip yang sudah kita simpan)
7 Tool
- Remove all address
- Kill cache
- Export dan import address ( di pakai untuk mengexport dan mengimport data dari alamat ip dan account yang sudah tersimpan agar kita jika pindah ke komputer lain tanpa mengetikkan satu persatu lagi )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari