Hubungan Antarmahluk Hidup atau Simbiosis

Setiap mahluk hidup tidak dapat hidup sendiri. Hal ini dikarenakan mahluk hidup saling ketergantungan dengan mahluk hidup lain. Pada beberapa mahluk hidup terdapat hubungan yang bersifat khusus. Hubungan antarmahluk hidup disebut simbiosis.

Hubungan Antarmahluk Hidup atau Simbiosis

Hubungan antarmahluk hidup atau simbiosis dapat dibedakan mejadi simbiosis mutualisme, parasitisme dan komensalisme. Berikut ulasan hubungan antarmahluk hidup atau simbiosis.

Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua mahluk hidup yang bersifat saling menguntungkan.
Contoh : 
  • Hubungan antara kupu-kupu dengan tanaman berbunga
  • Hubungan antara kerbau dengan burung jalak
  • Hubungan antara ikan badut dengan anemon laut

Kupu-kupu membutuhkan nektar yang terdapat pada bunga sebagai makanannya, sementara itu, bunga membutuhkan kupu-kupu untuk membantu penyerbukan.
Burung jalak mendapatkan makanan dengan cara memakan kutu yang terdapat pada tubuh kerbau, sementara itu kerbau mendapat keuntungan, kutu yang terdapat pada tubuhnya menjadi berkurang.
Hubungan antara ikan badut dengan anemon laut termasuk hubungan simbiosis mutualisme, karena ikan badut mendapatkan perlindungan dan anemon laut mendapat sisa-sisa makanan dari ikan badut.

Hubungan antarmahluk hidup atau simbiosis

Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua mahluk hidup, yang satu mendapatkan keuntungan tetapi mahluk hidup lainnya dirugikan.
Contoh :
  • Hubungan antara tanaman mangga dengan benalu
  • Hubungan antara tali putri dengan inangnya
  • Hubungan antara cacing perut dan cacing tambang yang hidup didalam usus manusia
  • Hubungan antara bunga raflesia dengan inangnya
Benalu mendapatkan makanan dari tanaman mangga, sedangkan tanaman mangga dirugikan karena makanannya diambil oleh benalu.
Tali putri atau bunga raflesia mendapat keuntungan dengan menyerap sari-sari makanan, sedangkan inangnya dirugikan karena sari makanannya diambil.

Hubungan antarmahluk hidup atau simbiosis

Cacing perut atau cacing tambang mendapatkan sari makanan yang terdapat didalam usus manusia. manusia pun dirugikan karena sari makanannya diambil.

Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua mahluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, pihak yang lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan.
Contoh :
  • Hubungan antara ikan hiu dengan ikan remora
  • Hubungan antara anggrek dengan pohon mangga
Ikan remora diuntungkan karena mendapatkan perlindungan serta mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya.

Hubungan antarmahluk hidup atau simbiosis

Anggrek menumpang hidup pada pohon mangga, sementara itu ada tidaknya tanaman anggrek tidak berpengaruh terhadapnya.

Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari