Pentingnya Pelestarian Mahluk Hidup

Pentingnya pelestarian mahluk hidup merupakan materi pelajaran IPA yang dapat dipelajari dikelas 6 sekolah dasar. Sebelum mengulas materi Pentingnya pelestarian mahluk hidup, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu Hewan serta tumbuhan yang terancam punah.

Slide Pelestarian Hewan dan Tumbuhan

Pentingnya Pelestarian Mahluk Hidup
Pelestarian alam berarti pengaturan terhadap alam dan lingkungan untuk melindungi hewan dan tumbuhan yang terancam punah. Jika hal itu terjadi manusia akan mengalami kerugian. Hewan dan tumbuhan yang punah tidak akan muncul lagi. Keberadaan hewan dan tumbuhan sangat penting bagi manusia.

Mempelajari hewan dan tumbuhan menambah pengetahuan berharga tentang kehidupan. Obat-obatan dapat diperoleh dari hewan dan tumbuhan. Setiap jenis hewan dan tumbuhan memiliki peran dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Hilangnya beberapa jenis hewan dan tumbuhan dapat memengaruhi kehidupan. Berbagai hewan dan tumbuhan pun dapat dijadikan sumber pendapatan. Selain itu, hewan dan tumbuhan memberikan keindahan terhadap alam ini. Cara yang dilakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan umumnya yaitu dengan cara menyediakan segala kebutuhannya. Di antaranya dengan menyediakan makanan, air, dan tempat tinggal yang memadai.

Usaha pelestarian hewan dan tumbuhan dapat dilakukan melalui Pelestarian in situ dan Pelestarian ex situ.

Pelestarian In Situ
Pelestarian in situ merupakan pelestarian yang dilakukan pada tempat asli hewan atau tumbuhan tersebut berada. Contoh pelestarian in situ yaitu :
1. Suaka margasatwa
2. Hutan lindung, dan
3. Taman nasional.

Suaka margasatwa merupakan kawasan yang melindungi hewan. Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi tumbuhan. Adapun taman nasional merupakan kawasan yang melindungi hewan dan tumbuhan

Pentingnya Pelestarian Mahluk Hidup

Pelestarian Ex Situ
Pelestarian ex situ adalah pelestarian yang dilakukan di luar tempat tinggal aslinya. Hal itu dilakukan karena hewan dan tumbuhan kehilangan tempat tinggal aslinya. Selain itu, pelestarian ex situ dilakukan sebagai upaya rehabilitasi, penangkaran, dan pembiakan hewan maupun tumbuhan langka. Contoh pelestarian ex situ antara lain :
1. Kebun botani,
2. Taman Safari,
3. Kebun binatang, dan
4. Penangkaran.

Pentingnya Pelestarian Mahluk Hidup
Pelestarian alam, harus dimulai dari hal yang paling kecil, terutama dari diri kamu sendiri. Di antaranya dengan mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan dengan cara menyayangi hewan dan tumbuhan di sekitarmu. Hal ini akan memberikan kesadaran kepadamu untuk berusaha melestarikan alam. Dengan demikian, generasi setelah kamu dapat turut menikmati alam yang indah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Sumber : Buku BSE kelas 6
Keyword : Pentingnya Pelestarian Mahluk Hidup, Pelestarian Mahluk Hidup, Pelestarian hewan dan tumbuhan, Pelestarian tumbuhan dan hewan, melestarikan alam, pelestarian alam, pelestarian in situ, pelestarian ex situ, pentingnya melestarikan alam, melestarikan hewan dan tumbuhan, Pelestarian hewan dan tumbuhan yan terancam punah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari