Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng

Pada tulisan ini kita akan belajar mengenai cara Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng. Dongeng merupakan cerita yang tidak benar-benar terjadi terutama tentang kejadian zaman dahulu yang aneh-aneh. Dongeng mengandung unsur-unsur Intrinsik. Apakah unsur intrinsik itu ? marilah kita simak ulasan singkat berikut ini.

Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng

Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun dari dalam dongeng tersebut. Unsur intrinsik dongeng meliputi : tokoh, latar, tema, amanat dan alur. 

Latar dongeng atau cerita 

Latar Tempat 
Keterangan tempat merupakan segala sesuatu yang menjelaskan tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar tempat yang terdapat dalam cerita misalnya di istana, di medan perang, di kerajaan, di rumah, di hutan, di gunung, di sungai, di jalan, di kampung halaman. 

Latar Waktu 
Latar waktu adalah waktu terjadinya peristiwa dalam dongeng. Latar waktu dalam cerita misalnya pagi hari, siang hari, sore hari, pukul 20.00, saat matahari muncul atau tengah malam. 

Latar Suasana 
Latar suasana merupakan penjelasan mengenai suasana pada saat peristiwa terjadi. Misalnya suasana menyedihkan, mengharukan atau menggembirakan. 

Watak Tokoh dalam Dongeng 

Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh dalam dongeng dapat berupa manusia atau binatang. Tokoh dalam dongeng memiliki sifat yang berbeda-beda, misalnya baik, jahat, pemalas, rajin atau manja. Sifat-sifat tokoh tersebut disebut watak.

Amanat dalam Dongeng 

Amanat merupakan pesan dalam dongeng yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Pesan biasanya berisi contoh nasihat atau perbuatan-perbuatan bijak. 

Menentukan Perbedaan Watak Dua Tokoh dalam Dongeng

Setiap dongeng memiliki tokoh lebih dari satu. Tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut memiliki sifat atau watak yang berbeda. Sifat tersebut dapat dibuktikan dari perilaku tokoh yang ada dalam dongeng. Misalnya dalam dongeng “Bawang Merah dan Bawang Putih” Tokoh Bawang Merah memiliki sifat jahat, sedangkan Bawang Putih memiliki sifat baik hati.

Coba kalian tentukan unsur-unsur intrinsik pada dongeng "Cerita Rakyat Keong Mas"
Sumber : Youtube
Kastari Animation


Apa sekarang kalian bisa memahami cara menentukan unsur intrinsik dongeng ???
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari