Struktur batang tumbuhan dan fungsinya

Materi berikut ini merupakan uraian materi IPA yang membahas tentang struktur batang tumbuhan dan fungsinya. Batang merupakan bagian tumbuhan yang amat penting. Batang dapat diumpamakan sebagai sumbu tubuh tumbuhan. Pada umumnya batang tumbuh di atas tanah. Batang tumbuhan berlawanan arah dengan gaya tarik bumi.
1. Jenis Batang
Batang tumbuhan dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu batang basah, batang berkayu,dan batang rumput.
1. Tumbuhan batang basah memiliki batang yang lunak dan berair, misalnya bayam dan tanaman krokot.
Struktur batang tumbuhan dan fungsinya

Struktur batang tumbuhan dan fungsinya
2. Tumbuhan batang berkayu mempunyai kambium. Kambium adalah bagian di dalam batang yang hanya dimiliki tumbuhan batang berkayu. Kambium mengalami dua arah pertumbuhan. Pertumbuhan kambium ke arah luar membentuk kulit. Pertumbuhan kambium ke arah dalam membentuk kayu. Akibat pertumbuhan kambium, batang bertambah besar. Contoh tumbuhan yang memiliki batang berkayu adalah pohon jati, jambu, durian, rambutan, nangka, dan mahoni. Contoh tumbuhan yang batangnya tidak berkayu adalah kangkung. Bentuk batang ada yang besar, panjang, dan bercabang banyak, misalnya cempedak dan kapuk. Ada tumbuhan dengan bentuk batang panjang dan lurus seperti tiang, misalnya lontar dan pakis. Ada juga tumbuhan dengan bentuk batang yang panjang, bulat, berongga, dan beruas-ruas, seperti bambu.


3. Tumbuhan batang rumput mempunyai ruas-ruas yang nyata dan tidak keras, sering berongga, misalnya tanaman padi dan rumput-rumputan.
Struktur batang tumbuhan dan fungsinya

2. Kegunaan Batang bagi Tumbuhan

Batang mempunyai kegunaan penting bagi tumbuhan, antara lain sebagai berikut.
  • Sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah.
  • Untuk mengangkut air dan zat hara dari akar ke daun.
  • Pada beberapa tumbuhan, batang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, misalnya pada tumbuhan kentang dan ketela rambat.
  • Bagi manusia, batang bermanfaat sebagai sumber makanan (sagu, asparagus); bahan industri (tebu, bambu); dan bahan perabot rumah tangga (kayu jati).

Batang berfungsi sebagai alat pengangkutan, di dalamnya terdapat pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Bagian yang berwarna merah dalam batang adalah bagian yang disebut pembuluh kayu. Jika dipotong secara melintang akan tampak sebagai berikut.
Struktur batang tumbuhan dan fungsinya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari