Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat beragam. Hal ini berhubungan dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak. Manusia memiliki hubungan erat dengan lingkungannya. Tempat berlangsungnya ketergantungan mahluk hidup dengan lingkungannya disebut ekosistem. Keseimbangan ekosistem dapat terganggu karena kegiatan manusia yang salah satunya adalah pemanfaatan bagian tubuh hewan dan tumbuhan. Berikut ini merupakan pemanfaatan bagian tubuh hewan dan tumbuhan.

1. Pemanfaatan bagian tubuh  hewan

Banyak jenis hewan yang diburu dan dibunuh manusia dengan berbagai alasan. Ada yang diburu untuk diambil dagingnya, tetapi ada juga hewan yang diburu hanya diambil bagian-bagian tertentu. Walaupun hanya mengambil bagian tubuh tertentu, terpaksa manusia harus membunuh hewan tersebut, atau mungkin pengambilan bagian tubuh tersebut berakibat pada penderitaan hewan sehingga mati.

Pemanfaatan bagian tubuh hewan dan tumbuhan

Badak bercula satu, hanya diambil culanya untuk bahan obat-obatan. Pada saat cula badak tersebut diambil berarti badak tersebut dibunuh atau di bius dahulu supaya tidak sadar. Hal ini berlangsung terus menerus sehingga keberadaan badak semakin langka. Padahal kemampuan berkembangbiak badak tersebut sangat rendah. Belum tentu setahun sekali beranak.

Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan

Begitu juga dengan gajah. Hewan ini diburu bukan untuk diambil dagingnya tetapi hanya diambil gadingnya. Orang mengambil gading gajah harus membius gajah tersebut atau menembak sampai mati.

Selain rusa, badak dan gajah, beberapa jenis ular dan buaya sering diburu untuk diambil kulitnya. Kulit hewan tersebut digunakan untuk membuat tas, ikat pinggang, sepatu.

Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan

Masih banyak lagi hewan-hewan yang diburu manusia hanya diambil bagian-bagian tubuhnya. seperti :
  • Burung merak, bagian burung merak ditutupi oleh bulu. Jika dibuka, bulu penutup ekor akan mengembang . Bentuknya seperti kipas. Pada bulu tersebut terdapat corak berbentuk mata. Ketika bulu merak tersebut mengembang terlihat sangat indah. Oleh karena itu manusia memburunya untuk dijadikan hiasan.
  • Harimau, Di negara-negara Afrika, orang memburu hewan buas seperti harimau untuk diambil kulitnya. Kulit harimau sangat disukai karena coraknya indah dan menjadi lambang kekuatan. Oleh sebab itu, banyak diburu dan dikuliti untuk dijadikan hiasan, mantel dan selimut.
  • Ikan hiu, Ikan hiu diburu untuk dijadikan makanan, Sirip ikan hiu diyakini sangat enak untuk dibuat sup.
  • Beruang, Beruang diambil kulitnya untuk dibuat pakaian penghangat pada musim dingin.
  • Anjing laut, diburu manusia untuk diambil bulunya yang putih bersih. Bulu tersebut dimanfaatkan untuk membuat mantel.
2. Pemanfaatan bagian tumbuhan

Banyak jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia. Selain sebagai sumber penghasil makanan dan oksigen, tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk bahan bangunan, bahan obat, meja, kursi, almari dan peralatan rumah tangga lain. Bila pengambilan tumbuhan tersebut tidak terkendali maka tumbuhan tertentu akan mengalami kelangkaan dan akhirnya punah.

Tumbuhan yang sering digunakan oleh manusia sehingga mengarah pada pemusnahan jenis tumbuhan tertentu, contohnya adalah pohon jati dan pohon cendana. Pohon jati memiliki tekstur kayu yang sangat bagus sehingga sangat disukai untuk pembuatan mebel. 

Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan

Sedangkan kayu cendana memiliki kelebihan karena dapat mengeluarkan bau yang sangat harum. Sehingga orang banyak menggunakannya untuk pigura, kipas, hiasan dinding atau untuk bahan baku pembuatan sabun dan minyak wangi. Karena kedua tumbuhan tersebut banyak diburu maka jumlahnya di alam semakin sedikit.

Masih banyak lagi tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk kebutuhannya. seperti :
  • Kayu ulin, Pohon ulin memiliki pohon yang besar. Kayunya sangat kuat. Karena kuatnya, kayu ulin disebut kayu besi. Kayu ulin dimanfaatkan untuk membuat atap rumah dan kusen. selain itu, kayu ulin juga dipakai untuk membuat jembatan.
  • Kemiri, Pohon kemiri dapat berumur 50 hingga 60 tahun. Pohon kemiri menghasilkan biji buah yang dapat dijual. Dalam setiap buahnya terdapat dua biji kemiri yang dapat diolah menjadi minyak kemiri. Minyak kemiri dapat digunakan untuk kosmetik dan industri cat. Kayu pohon kemiri digunakan untuk membuat peti, korek api dan kerajinan.
  • Tanaman obat, Tanaman obat-obatan adalah jenis tanaman yang dapat berkhasiat sebagai obat. Contoh tanaman obat-obatan antara lain temu lawak, temu ireng, mengkudu, jahe dan lengkuas. Bagian yang diambil ada yang berupa umbi, kulit, daun, dan kayu.
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari