Pariwisata

Berikut ini merupakan ulasan tentang pengertian pariwisata serta manfaatnya. Materi pariwisata termuat dalam pelajaran pendidikan lingkungan dan budaya jakarta kelas 6. untuk itu mari kita simak penjelasan berikut. semoga bermanfaat.

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.

Untuk memudahkan guru dalam memberikan materi pariwisata pada pelajaran PLBJ kelas 6, silahkan di unduh Slide Pariwisata berikut ini.
Slide Materi Pariwisata untuk mata pelajaran PLBJ kelas 6 semester I

PARIWISATA
Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan.  Banyak sekali aktivitas yang dilakukan. Tidak semua orang yang melakukan perjalanan wisata untuk relaksasi atau mencari hiburan semata, tetapi ada pula tempat-tempat pariwisata yang berbentuk edukasi seperti museum atau tempat-tempat bersejarah.

Wisatawan
Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi.
  • Turis yang berasal dari dalam negeri disebut wisatawan domestik
  • Turis yang berasal dari luar negeri disebut wisatawan mancanegara
Manfaat Pariwisata
  1. Daerah yang mempunyai pariwisata bagus, secara tidak langsung akan menaikan ekonomi atau pendapatan daerah tersebut.
  2. Pariwisata dapat menyerap tenaga kerja. Banyak wisatawan berkunjung, pasti akan membutuhkan pelayanan.
  3. Sumber devisa negara atau daerah. Ketika wisatawan mancanegara akan berkunjung ke negara kita. Wisatawan tersebut akan dikenakan bea masuk negara. Pembayaran pajak bagi setiap pengunjung merupakan pemasukan pemda. Pajak retribusi kendaraan yang digunakan para wisatawan juga merupakan devisa daerah
Untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah dinegara kita, maka harus menjalankan Program Sapta Pesona. Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur, antara lain :
  1. Aman
  2. Tertib
  3. Bersih
  4. Sejuk
  5. Indah
  6. Ramah Tamah
  7. Kenangan
Tujuan Sapta Pesona tidak hanya memajukan bidang pariwisata. Tetapi juga harus mempunyai tujuan dan pelaksanaan lebih luas, yaitu meningkatkan disiplin dan jati diri bangsa.
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari