Belajar bahasa pemograman komputer bagi pemula


 


Halo sahabat blogger kali ini saya akan membahas sedikit tentang belajar dasar-dasar program komputer maupun yang lain nya...

 Sebelum kita terjun ke dunia pemogaraman kita harus tau dulu bahasa pemograman apa yanng akan kita pelajari dan dimana penerapan nya karna bahasa pemogaraman atau bahasa komputer itu tidak mudah loh hehehe...

Berikut syarat-syarat kita untuk belajar pemograman, Pertama:
  • Harus hobi dan senang dengan hal-hal yang detail
 hal ini saangaat di perlukan, karena kesenanganlah yang membuat programming menjadi menarik dan tidak menakutkan, sehingga ingin belajar terus sampai bisa.
      • Mau belajar dan menekuni. 
      Jadi seorang programmer jangan mudah menyerah atau mudah merasa sudah puas karan di dalam sebuah pemograman itu tidak ada batasan belajar maupun materi nya, harus terus mengasah skill dan kemampuan biar bisa bersaing dengan yang lainnya.
      • Mempunyai rasa penasaran yang sangat dalam. 
       Yaitu bagaimana  cara kita memecahkan sebuah masalah pemrograman sampai ketemu dan selesai masalahnya, dan itu juga akan menambah wawasan kita dalam memogram

      Nahh kalok sudah tau cara di atas atau syarat nya sekarang kita pergi ke langkah-langkah belajar bahasa pemograman ini, Pertama:

        • Menentukan bahasa pemrograman yang cocok untuk kita karna bahasa pemograman yang mudah belum tentu cocok untuk pribadi kita, Pelajari dulu dasar-dasar nya dan bahasa pemograman yang mana kita sukai seperti Java, PHP, C++, C# ,C, Visual Basic dan lain-lain.

        Kalok temen-temen berminat blajar



        • Belajar mengetik sepuluh jari. Ini mungkin kurang di sukai oleh sebagian orang, tapi sangat penting bagi seorang programmer, bagaimana dia berbuat dengan jari-jarinya, maka kemampuan menguasai papan keyboard menjadi syarat mutlak. Ada banyak software typing tutor gratis yang bisa di unduh di internet diantaranya adalah TypeFaster ,RapidTyping Tutor, FastType dan lainnya. 
        • Mencari waktu yang tepat. Ini yang sangat penting bagi seorang programer karna membuat program adalah bekerja dengan otak kita, maka otak kita butuh ketenangan saat bekerja. Dalam kondisi emosi, otak tidak akan bekerja dengan baik, maka menentukan waktu yang tepat untuk belajar pemrograman juga di perlukan.
        • Mencari buku yang tepat, mengapa saya katakan “mencari buku yang tepat?” Karena tidak semua buku petunjuk pemrograman bagus untuk di beli dan di pelajari. Kebanyakan adalah berisi tutorial semata, kurang, karena pemrograman sesungguhnya bukan hanya memanfaatkan tool, tapi lebih dari itu, konsep pemrograman yang benar harus di kuasai.
        • Mencari proyek-proyek kecil. Untuk mengasah kemampuan kita karna dalam membuat program, diperlukan latihan yang intens. Mencari proyek kecil-kecilan, seperti menyelesaikan tugas teman kuliah dan yang lain nya bisa menjadi solusi tepat dan sekaligus bisa mendatangkan uang.
        Bila anda mempraktikan cara di atas dan menekuni nya insyaAllah dengan usaha yang kuat anda pasti menjadi seorang PROGRAMMER yang handal..

         Sekian dari postingan ini semoga bermanfaat bagi temen-temen.  Silahkan di share like dan comen di bawah ini.

        BACA JUGA

        Komentar

        Postingan populer dari blog ini

        Metode Analisis PIECES

        Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

        Kerajaan Singasari