Ekspor Impor sebagai Salah Satu Kegiatan Ekonomi Antarbangsa

Materi pelajaran berikut ini membahas tentang kegiatan ekspor impor sebagai salah satu kegiatan ekonomi antarbangsa pada pelajaran IPS kelas 6. Berikut ulasan singkat tentang ekspor impor sebagai salah satu kegiatan ekonomi antarbangsa.

Ekspor Impor sebagai Salah Satu Kegiatan Ekonomi Antarbangsa

Indonesia secara geografis beriklim tropis, berpotensi untuk menghasilkan produk-produk pertanian atau perkebunan. Seperti teh, karet, kopi, dan sebagainya. Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat belumlah cukup. Setiap negara menyadari akan kekurangannya, serta masing-masing tidak mungkin sepenuhnya dapat berdiri sendiri, lebih-lebih lagi bagi negara-negara sedang berkembang seperti Indonesia. Indonesia juga memerlukan berbagai macam kebutuhan yang tidak dapat diproses atau disediakan sendiri. Hal ini dapat diatasi dengan cara melakukan kegiatan ekspor impor.

Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan ekonomi antarbangsa. Kegiatan ekspor impor merupakan salah satu kegiatan ekonomi antarbangsa. Kegiatan ekspor impor ini harus melibatkan negara lain. Sebagai contoh, jika kita akan melakukan kegiatan ekspor maka kita harus menetapkan terlebih dahulu negara tujuan ekspor misalnya negara Inggris. Dengan demikian secara tidak langsung kita telah melakukan kegiatan ekonomi antarbangsa. Begitu pula sebaliknya, jika kita akan mengimpor barang maka kita harus mengetahui negara yang menjadi tujuan impor.

Namun, seiring dengan makin kompleks dan berkembangnya kegiatan ekonomi dunia, kerja sama ekonomi antarnegara sudah melampaui batas dari sekedar kegiatan ekspor dan impor. Artinya, kerja sama itu tidak hanya berupa kerja sama ekspor dan impor, melainkan juga ditambah dengan bentuk-bentuk lain. Bentuk-bentuk lain yang dimaksud di antaranya adalah penyelenggaraan jasa serta pemberian dan penerimaan pinjaman modal/kredit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari