Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam

Berikut ini merupakan materi tentang aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam yang ada di Indonesia. Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam sangat beragam mulai dari bidang-bidang pertanian sampai pertambangan. Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam tergantung pada keadaan alam sekitar. untuk itu mari kita ulas sejenak materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam.
Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam
Sebelum kita pelajari aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam ada baiknya kita mengenal pengertian sumber daya alam terlebih dahulu

Bentuk-bentuk kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan-kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa yang bernilai ekonomi. Dalam kehidupan masyarakat kamu tentu sering menemui orang-orang yang melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi terdiri atas kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi. Untuk lebih jelasnya, coba pelajari uraian berikut ini

Kegiatan produksi
Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang atau kegiatan mengolah barang agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Kegiatan produksi di masyarakat, seperti kegiatan produksi pertanian, kegiatan produksi perikanan, dan kegiatan produksi industri. Industri ada 2 jenis, yaitu industri rumah tangga dan industri besar. Ada beberapa unsur yang diperlukan dalam melakukan kegiatan produksi, di antaranya adalah modal, bahan-bahan dasar, dan tenaga kerja. Jika salah satu unsur ini tidak ada maka kegiatan produksi tidak bisa dilakukan. Contoh kegiatan produksi, yaitu:
- Petani menghasilkan padi, jagung, teh, dan kopi.
- Nelayan menghasilkan ikan.
- Industri tekstil menghasilkan kain.

Kegiatan distribusi
Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Jika produsen langsung berhubungan langsung dengan konsumen disebut distribusi langsung. Tapi jika produsen menjual barangnya kepada pedagang disebut distribusi tidak langsung. Dalam distribusi tidak langsung pedagang mempunyai peranan yang besar dalam menyalurkan barang ke konsumen. Contoh distribusi langsung yaitu peternak ayam menjual telur ayam langsung ke konsumen. Sedangkan contoh distribusi tidak langsung, yaitu petani menjual beras kepada pedagang.

Kegiatan konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau menghabiskan hasil produksi. Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan terakhir dalam kegiatan ekonomi. Kegiatan konsumsi, misalnya beras yang sudah di masak menjadi nasi, lalu dimakan.

Sumber daya alam harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk dapat memanfaatkannya, sumber daya alam itu harus diolah dahulu. Keadaan masyarakat yang semakin maju, akan dapat mengolah sumber daya alam dengan baik.

Kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam, yaitu
a. Pertanian
b. Perkebunan
c. Peternakan
d. Perikanan
e. Kehutanan
f. Pertambangan
g. Perindustrian

Misalnya masyarakat pedesaan akan memanfaatkan tanahnya untuk pertanian maupun perkebunan. Mereka menanami tanah pertaniannya dengan tanaman produktif. Seperti padi, jagung, palawija, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Begitu pula dengan masyarakat di daerah pesisir pantai. Kegiatan ekonomi mereka sebagian besar mengandalkan hasil perikanan laut. Perhatikan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat berikut ini.

Jenis kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung keadaan alam sekitarnya. Maka dari itu terdapat berbagai macam jenis pekerjaan karena lingkungan alamnya yang juga bermacam-macam. Jenis pekerjaan penduduk kota berbeda dengan jenis pekerjaan penduduk desa.

Sumber : BSE IPS Kelas 4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari