Resume software Quantun GIS


RESUME SISTEM INFORMASI GEOGRAFI SOFTWARE
QUANTUM GIS




Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Dosen Pengampu :
Mohamad Ali Murtadho, S.Kom., M.Kom.

Disusun oleh :
Putra Bagus Sholeh (4117041)





PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG
OKTOBER, 2019


QGIS merupakan perangkat lunak untuk sistem informasi geografis yang bersifat open source dan gratis. QGIS atau yang dulunya dikenal sebagai Quantum GIS ialah salah satu proyek dari OSGeo sebuah organisasi nirlaba dan nirpemerintah yang memiliki tujuan untuk menyatukan berbagai komunitas geospasial dari berbagai belahan penjuru dunia. Walaupun QGIS merupakan sebuah sistem informasi geografis yang bersifat gratis bukan berarti bahwa QGIS bisa dipandang sebelah mata. Seiring berjalannya waktu hingga sekarang, QGIS telah menjadi andalan dari berbagai kalangan, baik profesional, praktisi, maupun akademisi. Dapat dikatakan bahwa kemampuan QGIS bisa bersaing dengan perangkat lunak sistem informasi geografis lainnya yang bersifat berbayar. Sifatnya yang open source membuat perkembangan dari perangkat lunak ini menjadi cepat sehingga QGIS dapat cross-platform yang artinya kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi, seperti Windows, MacOs X, dan juga Linux.dan Keunggulan QGIS antara lain :
a. Dapat Membuka Banyak Jenis Data Spasial
QGIS memiliki Bahasa pemprograman yang memungkinkan dia membuka banyak jenis data spasial dari sumber manapun. Hal ini tentu saja memudahkan kita ketika ingin membuka data-data yang kurang familiar dan tidak dapat dibuka di ArcGIS. Selain itu, menghemat waktu kita dalam melakukan konversi jenis data tersebut.
b. Tampilan QGIS Simpel dan User Friendly
Untuk para pengguna baru atau biasa dikatakan newbie, tampilan muka (interface) memang sangat penting. Kesan pertama agar kita bisa menyukai suatu software adalah salah satunya apakah dapat mudah digunakan dan jelas. QGIS memiliki pilihan ‘add data’ sesuai dengan jenis data yang ingin kita pilih, seperti vektor, raster, dll.
c. Lisensi dan OpenSource
Inilah yang menjadi kekuatan utama dari QGIS. Dengan sifatnya yang open source, QGIS dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus melanggar aturan atau dalam bahasa laininya membajak software tersebut. Untuk menggunakan QGIS kita cukup download dan install. Tidak diperlukan keterampilan untuk hack atau crack seperti yang (mungkin) kita lakukan saat menginstal software yang memiliki lisensi berbayar. Selain itu, kita dapat menggunakan seluruh alat dan plugin yang ada di QGIS secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.
d. Remote Sensing Processing Tool yang lebih baik
QGIS memiliki QGIS semi-automatic classification plugin dimana dapat memungkinkan kita mendowlnload data LandSat dan mengkalsifikasinnya dengan cara semi otomatis. Selain itu, Orfeo Toolbox memungkinkan mengatur dan melakukan proses yang lebih luas terhadap data tersebut. LASTools sangat cocok dan sesuai digunakan untuk melakukan proses pengolahan data LiDAR dibandingkan LAS Dataset yang ada di ArcGIS.
e. GeoCoding dan Alat Data Konversi di QGIS Gratis
Proses GeoCoding adalah memberikan koordinat ataupun nilai X,Y terhadap nama jalan di peta kita. Di QGIS kita dapat menggunakan 2 plugin untuk melakukan GeoCoding yaitu MMQGIS Plugin dan Geo Code Plugin dan semua plugin itu gratis untuk digunakan. Hal ini berbeda dengan proses GeoCoding di ArcGIS dimana jika kita ingin melakukan GeoCoding kita harus membayar untuk dapat menggunakan ArcGIS online GeoCoding Service. Begitu juga jika kita ingin menggunakan alat konversi geometri di ArcGIS beberapa alat harus memiliki lisensi tersendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari