Cara memilih pengurus organisasi

Sebelum kita mengulas tentang bagaimana Cara memilih pengurus organisasi, ada baiknya kita mengenal apa itu organisasi ? Silahkan klik materi berikut ini untuk mengetahui materi mengenal organisasi.

Cara memilih pengurus organisasi

Pengurus dalam sebuah organisasi dipilih oleh anggotanya. Misalnya pemilihan pengurus kelas, maka yang memilih adalah seluruh anggota kelas. Bagaimana cara memilih pengurus organisasi di kelas kalian? Berikut ini akan dijelaskan cara memilih pengurus dalam sebuah organisasi pada umumnya.

Cara memilih pengurus organisasi

Pemilihan pengurus dalam sebuah organisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya melalui penunjukan langsung dan melalui pemilihan.

Pemilihan pengurus melalui penunjukan langsung disebut juga aklamasi. Pemilihan secara aklamasi bisa dilaksanakan di lingkungan masyarakat, misalnya dalam memilih ketua RT. Simaklah cerita berikut!
Pemilihan pengurus melalui penunjukan langsung
Pemilihan pengurus melalui penunjukan langsung

Cerita di atas adalah contoh memilih pengurus organisasi secara aklamasi. Anggota menentukan salah satu di antara mereka menjadi ketua. Para anggota yang lain biasanya setuju dengan penunjukan tersebut. Kemudian ketua yang terpilih membentuk pengurus-pengurus lain yang diperlukan.

Cara yang kedua dalam memilih pengurus organisasi adalah melalui pemilihan. Kita sering melihat cara pemilihan yang seperti ini. Bahkan kita juga sudah pernah mengalaminya yaitu dalam memilih ketua kelas.

Dalam pemilihan ketua kelas, biasanya ada dua atau tiga siswa yang menjadi calon. Sebelum diadakan pemilihan, calon ketua kelas akan menyampaikan program-program atau biasa disebut kampanye.

Semua anggota kelas mempunyai hak untuk menentukan pilihannya. Hak mereka untuk memilih disebut juga hak suara. Setiap anggota kelas memiliki satu hak suara. Mereka dapat memberikan hak suara tersebut kepada calon yang dipercayainya. Calon ketua kelas dinyatakan menang apabila memperoleh suara terbanyak atau mencapai 50% + 1 dari jumlah suara yang sah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Analisis PIECES

Aritmetika Bilangan Jam dan Operasi Hitungnya

Kerajaan Singasari